Bluetooth di FC8 ternyata mudah…

Alhamdulillah… semenjak udah dapet repository livna, Fedora, update dari bg. wardix, dan dilocalkan di PC . Semakin mudahlah bagi saya untuk mengoprek Linux. Karena Linux pasti membutuhkan yang namanya Packages tambahan. Sebenarnya developer Linux sendiri sudah menyediakan Repository Online untuk memudahkan pengguna Linux ketika menginstall aplikasi tambahan dan membutuhkan Package pendukung untuk aplikasi yang akan kita gunakan. Hanya saja untuk mendapatkan Repository yang lengkap kita mesti punya koneksi Internet. Jadi gampang sekali menginstall aplikasi yang kita inginkan, ya itu tadi karena udah ada Repository Lokal. Semisal ketika saya mencoba bermain-main Bluetooth+M600i. Bluetooth yang digunakan cuma bluetooth (vendor BlueSoil) murahan kok, cuma Rp. 50rb di Jalan Gudang….


Bluetooth di FC8

Nah sebelum nyoba, perhatikan bahwa untuk bisa mengambil/memasukkan data/files/mp3/jpg dari ponsel ke komputer atau sebalikknya… Package obexfs dan obexftp sudah terinstall
obexfs dan obexftp
nah kalo blom terinstall, silahkan install dulu dengan # yum -y install obexfs obexftp

Selanjutnya tinggal colok aja Bluetooth USB ke port USB yang ada pada PC… OK?
lalu dmesg|grep Bluetooth
ntar ada alamat MAC Address dari Bluetooth… misalkan MAC-nya 00:16:b8:8x:08:6x maka selanjunya jalankan service Bluetooth
# service BLuetooth start
Nanti dibagian panel sebelah kanan atas muncul icon Bluetooth, aktifkan Bluetooth diponsel… lalu peering deh… Selanjutnya buka Naulitus, semacam Explorer di Windows…
Nah, dari Nautilus ini dibagian location ketik obex://[MAC_ADDR_Bluetooth]… misalkan hasil dari #dmesg|grep Bluetooth MAC-nya adalah 00:16:b8:8x:08:6x, maka di Nautilus tinggal ketik obex://[00:16:b8:8x:08:6x]

Eng ing eng….bravo… Tinggal explore aja pake Nautilus Internal(Phone) dan External(Memori Card) kayak makek Explorer….😀

Cara gampangnya:

* Sebelum menyalakan/menghidupkan PC colok dulu Bluetooth ke port USB
* Setelah PC with FC8 OS hidup… peering (koneksikan-red) dolo Bluetooth di PC dengan ponsel Bluetooth dari service Bluetooth Preference
bluetooth.png
* Untuk meng-explore file dari ponsel jalankan Aplikasi obexftp dari Bluetooth File Sharing

Bluetooth File Sharing

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: