Installing Apache 2.0.46, PHP 4.4.2, MySQL 5.0#MySQL

Installing MySQL 5.0

  • Download MySQL 5.0 di www.mysql.com
  • cari yang x86(win32)
    Selanjutnya hapus my.cnf di drive C, my.ini di C:\WINDOWS atau C:\WINDOWS\system ataupun C:\WINDOWS\system32
  • Backup, backup, and backup
    Jangan lupa back-up database mysql-mu… brur..

Kemudian jalankan installernya (Setup.exe)
berikut screenshot-nya…

mysql001

pilih Next
mysql002

pilih Custom, lalu klik Next
mysql003
secara default MySQL 5.0 akan di instal ke C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.0\
pilih Change lalu pindahkan path installation-nya… ke C:\Apache2\mysql\

mysql004

setelah dipindahkan ke C:\Apache2\mysql lalu klik Next untuk melanjutkan proses installasi..

tunggu proses installasinya…
mysql005

kalo PC kamu terhubung langsung ke internet… silahkan signup ke http://www.mysql.com
kalo tidak konek ke internet pilih Skip Sign-Up lalu Next
mysql006

beri centang pada opsi Configure the MySQL Server now, klik Next
mysql007

klik Next sekali lagi

mysql008

pilih Developer Machine
mysql009

pilih Multifunctional Database, lalu klik Next
mysql010

klik Next

mysql011

mysql012
pilih Decision Support (DSS)/OLAP
mysql013

beri centang pada pilihan Enable TCI/IP dan Enable Strict Mode lali klik Next
mysql014

pilih Standart Character Set, then Next
mysql015

beri centang pada semua pilihan, lalu Next
mysql016

pada pilihan berikutnya jangan beri centang pada pilihan manapun…
selanjutnya tau lah…
klik Next
mysql017
klik Execute

terakhir… Finish

mysql018

gampang kan??? cuma klik next–next aja… ketawa

Trying MySQL 5.0
Kalo kamu sebelumnya udah mem-backup database MySQL kamu, pindahkan saja ke C:\Apache2\mysql\data\ (dijamin tokcer…)

Silahkan coba hasil installasi tadi… dari DOS…

ketik mysql -u root tekan ENTER
ntar kalo minta password ENTER aja

mysql5-01

coba perintah show databases;
mysql5-02

tuh kan aku aja sukses nginstallnya…

Again! configurating Apache 2.0.46
Apache 2.0.46 default nya hanya meng-index file index.html, maka dari itu kita edit lagi file httpd.conf.

cari bagian DirectoryIndex index.html index.html.var
lalu tambahkan index.php index.asp index.htm
maka menjadi DirectoryIndex index.html index.html.var index.php index.asp index.htm

atau kalau suka edit aja configurasi file tersebut semaumu (lihat disini tutor-nya)
save httpd.conf tadi, restart Apache…

Trying phpMyAdmin
Download phpMyAdmin terbaru di http://www.phpmyadmin.net/
buat folder phpmyadmin di DocumentRoot-mu (C:\Apache2\htdocs\ – red)

kemudian buka http://localhost/phpmyadmin
phpmyadmin

ahhkkh… capek ahkhk…
exclaim Oiya semua manual installasi lengkapnya ada di situsnya masing-masing… ( http://apache.org, http://php.net, http://www.mysql.com )

One Trackback

  1. […] Backup, Backup, and backup […]

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: