More about httpd.conf – Bag-I (indonesian)

http.conf itu apa seh???
File ini adalah konfigurasi file dalam Apache(Win32) atau HTTPD(Linux). Pertama kali service Apache dijalankan, file konfigurasi ini akan dibaca(diload) terlebih dahulu ke-memory.

Dimana file-nya???
Jika kamu menggunakan PHPTriad, umumnya ada di C:\Apache\conf\httpd.conf. Sementara jika menggunakan Apache 2.0 file ini akan berada di C:\Program Files\tempat-nginstall-apache\conf\httpd.conf

Kalau OS Linux dimana???
ada di /etc/httpd/conf/httpd.conf

Nah jika kamu lebih memahani file httpd.conf ini kamu bakal lebih mengenal sifat Apache!!!


Kok bisa??? Ya iya lah… inikan file konfigurasi-nya Apache, jadi bagaimana sistem Apache berjalan di platform kamu bakal tergantung oleh file ini.

Ambil contoh PHPTriad. Umumnya wwwroot atau directory yang menjadi website(localhost) ada di drive C:\Apache\htdocs. Nah dengan merubah sedikit file httpd.conf tadi kita dapat merubah directory-nya, semisal kita memakai DocumentRoot dari drive D.
Untuk berjaga-jaga… sebaiknya directory yang menjadi DocumentRoot-nya dipindah. Semisal sistem crash hingga mesti mem-format ulang hard disk, atau kena virus yang bandel, maka file proyek website(http://localhost/) aman-aman saja bukan???

Atau buat system Win98 di laboraturium yang kurang efisien, dimana selama ini drive C di DeepFreeze demi alasan keamanan. Sehingga mahasiswa AMIK yang kurang ngerti bakal nangis kehilangan data, sedangkan apabila path DocumentRoot-nya udah dipindah ke drive D, tinggal memberitahukan aja ama mereka, dan merekapun tak akan kehilangan data.

Begini caranya:
Back-up dulu file httpd.conf ketempat yang aman lalu buka file httpd.conf kamu pake text editor kesukaan kamu(bukan MSWord-red). Setelah itu cari bagian (tulisan) DocumentRoot “C:\Apache\htdocs”

httpd01

OK, langkah selanjutnya adalah tinggal mengganti path DocumentRoot kamu. ganti “C:\Apache\htdocs” dengan “D:” atau “D:\namafolderkamu”. Sebaiknya gunakan saja yang pertama “D:”, biar sekalian drive D jadi DocumentRoot localhost kamu hehehe…
Tapi tunggu dulu jangan lupa menganti pada bagian <Directory “C:\Apache\htdocs”>

httpd02

Save httpd.conf tadi, lalu restart apache kamu… (PHPTriad on Win98)

  1. [Start][Run]ketik command lalu [ENTER]
  2. ketik CD\ tekan ENTER
  3. CD apache [ENTER]
  4. ketik apache -k restart

Bagi yang make WinNT/XP untuk merestart Apache, [Start] [Control Panel] [Administrative Tools] [Services] trus cari Apache atau Apache2, lalu klik Restart. (kalo Apache belum ter-install sebagai service, disini manualnya)

Sekarang coba buka browser kamu Internet Explorer atau Mozilla Firefox dan selanjutnya coba buka address berikut http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ , insha allah sekarang DocumentRoot kamu sudah menjadi drive D.(kalo gak bisa, nangis aja kau lae…. hehehhhehe pai-production_green bcanda-coba aja trus!!!)

lanjut ke bagian II

One Comment

  1. Posted 23 January 2014 at 11:44 | Permalink

    kalau kayak gitu berarti ga bisa akses file yg ke C: ya?
    butuh cara biar bisa ngubah2 ke C atau D seenaknya sendiri


Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: